102732477932904 Dunia peternakan budiono budhet: Laporan Praktikum Ekonomi Industri Peternakan Ayam Petelur

Tuesday 3 January 2017

Laporan Praktikum Ekonomi Industri Peternakan Ayam Petelur

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latr Belakang
Peningkatan jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun berdampak pada peningkatan konsumsi produk peternakan (daging, telur, susu). Meningkatnya kesejahteraan dan tingkat kesadaran masyarakat akan pemenuhan gizi khususnya protein hewani juga turut meningkatkan angka perminataan produk peternakan. Telur banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena mempunyai rasayang enak dan kandungan zat gizi yang tinggi. Salah satu yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah elur ayam ras.
Telur ayam ras merupakan salah satu penyumbang protein hewani asal ternak dan merupakan komoditas unggulan. Industri ayam petelur berkembang pesat karena telur ayam menjadi sumber menu konsumen. Telur mudah didapatkan baik di pasar modern maupun tradisional.
Tingginya kewaspadaan masyarakat terhadap keamanan pangan, menuntut produsen bahan pangan termasuk pengusaha peternakan untuk meningkatkan kualitas produknya. Selain itu perhitungan ekonomi yang baik sebagai dasar pengembangan usaha peternakan juga harus sangat di perhatikan, sektor ekonomi yaitu meliputi permodalan, pembiayaaan serta hasil keuntuuntungan yang di peroleh, keseluruh faktor tersebut terselenggara dari hulu sampai hilir. Untuk itu perlu ada penerapan manajemen agribisnis yang baik pada usaha peternakan ayam petelur agar seluruh faktor dapat terkelola dan terselenggara dengan baik.
Dalam menjalankan usaha perusahaan membutuhkan dana diperoleh dari pemilik perusahaan maupun dari pinjaman.  Melakukan bisnis setiap perusahaan selalu memerlukan aktiva riil(Real Assets), baik yang berwujud seperti mesin, kantor, pabrik, kendaraan maupun yang tidak berwujud seperti keahlian teknis, merek dagang dan hak paten.
Prinsip manajemen perusahaaan menuntut agar baik dalam memperoleh maupun dalam menggunakan dana harus didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas. Dengan demikian pembelanjaan perusahaan atau manajemen keuanagan tidak lain adalah manajemen untuk fungsi-fungsi pemebelanjaan. Dalam pengertian manajemen terkandung fungsi-fungsi perncanaan, dan pengendalian yang baik dalam menggunakan maupun dalam pemenuhan kebutuhan dana khususnya dalam perusahaan peternakan.
Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengkaji berbagai aspek kegiatan usaha ekonomi peternakan yang merupakan faktor yang perlu dicermati dalamperencanaan usaha dan evaluasi usaha serta mahasiswa dapat menyusun perencanaan dan kelayakan proyek usaha di bidang pertenakan.


1.2. Tujuan dan Kegunaan Praktikum
1.2.1 Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui tentang hal- hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan perusahaan atau industri ayam petelur.

1.2.2 Kegunaan Praktikum
Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana manajemen menjalankan suatu perusahaan ataupun industri.

  

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1. Teknis Usaha Peternakan
2.1.1. Ayam petelur
Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khususuntuk diambil telurnya.  Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Tahun demi tahun ayam hutan dari wilayah dunia diseleksi secara ketat oleh para pakar. (Aziz, 2007).  Arah seleksi ditujukan pada produksi yang banyak, karena ayam hutan tadi dapat diambil telur dan dagingnya maka arah dari produksi yang banyak dalam seleksi tadi mulai spesifik. Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging dikenal dengan ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur. Selain itu, seleksi juga diarahkan pada warna kulit telur hingga kemudian dikenal ayam petelur putih dan ayam petelur cokelat (Rasyaf, 2003).

2.1.2.  Perkandangan
Kandang adalah lingkungan kecil tempat ayam hidup dan berproduksi, oleh karena itu dibutuhkan kandang yang nyaman dan berpengaruh terhadap kesehatan ayam serta hasil produksi yang maksimal (Abidin, 2003).   Kandang yang nyaman dipengaruhi oleh suhu lingkungan.  Apabila kandang lebih dari satu dengan umur yang sama maka kumpulan kandang tersebut disebut satu flock. Kumpulan seluruh kelompok yang memenuhi suatu aturan sanitasi dan tata laksana peternakan disebut perkandangan Perkandangan, ruang staff, gudang,mess dengan segala fasilitas yang ada merupakan satu peternakan (Rasyaf, 2003).

2.1.3. Pakan
Pakan yang diberikan pada ayam juga merupakan hal yang perlu mendapat perhatian, sebab pakan yang kurang memenuhi standart mutu sebagai pakan ayam yang baik, dapat juga menjadi salah satu sebab ayam sakit, untuk itu agar dicapai efisiensi dan produktivitas yang optimal maka perlu adanya koordinasi antara pakan, pemeliharaan kesehatan dan program pengelolaan usaha (Irawan, 1995).  Pemberian pakan harus diberikan setiap hari sesuai dengan kebutuhan ayam, baik secara kuantitatif maupun kualitasnya.  Pemberian pakan yang salah dapat memicu stres dan defisiensi salah satu nutrisi sehingga ayam banyak menemui masalah Ayam membutuhkan sejumlah unsur gizi untuk hidupnya, misalnya bernafas, peredaran darah dan bergerak yang disebut kebutuhan hidup pokok selain itu unsur gizi dibutuhkan untuk produksi telur (Rasyaf, 2003).

2.1.4. Kesehatan
Penyakit dalam pengertian umum dapat dinyatakan sebagai penyimpangan dari kondisi normal dari seekor hewan, penyakit juga dapat dikatakan sebagai perubahan kondisi normal dari seekor hewan yang disebabkan oleh jasad hidup. Bentuk pengobatan terpenting adalah pencegahan (preventif), yaitu suatu tindakan untuk melindungi individu terhadap serangan penyakit (Akoso1998). Pencegahan penyakit merupakan cara yang paling baik dan murah dibandingkan pengobatan, pencegahan penyakit merupakan bagian dari tata laksana peternakan yang harus dilaksanakan oleh setiap peternak (Lubis dan Paimin, 2001).
Tindakan pencegahan penyakit sering diabaikan peternak sehingga terjadilah penyakit. Tindakan pencegahan penyakit bertujuan menyelamatkan ayam dari gangguan penyakit (Rasyaf , 2003).  Penyakit adalah salah satu kendala dalam usaha peternakan sehingga sangat penting untuk diperhatikan.  Penyebab penyakit dalam suatu usaha peternakan merupakan penyebab kegagalan seluruh usaha peternakan (Akoso, 1998).

2.2. Analisis Laporan Keuangan
Analisa laporan keuangan merupakan proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevalusi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, dengan tujuan untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang (Sigit, 1982). Tujuan utama analisis laporan keuangan adalah agar dapat mengetahui posisi keuangan perusahaan saat ini. Dengan mengetahui posisi keuangan, setelah dilakukan analisis laporan keuangan secara mendalam, akan terlihat apakah perusahaan dapat mencapai target yang telah direncanakan sebelumya atau tidak (Kasmir, 2008).

2.2.1. Biaya
Biaya adalah pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memeperoleh barang dan jasa. Biaya berbeda dengan beban, beban yaitu pengrbanan yang diperlukan atau dikeluarkan untuk merealisasi hasil, beban ini dikaitkan dengan revenue pada periode yang berjalan (Case dan Fair, 2007 ).

2.2.1.1. Biaya Tetap
Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dengan adanya output perusahaan, dalam jangka pendek perusahaan tidak bisa menghindarinya atau mengubahnya meskipun produksinya nol (Case dan Fair, 2007). Biaya yang jumlah tidak dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan sampai pada tingkatan tertentu. Biaya tetap perunit berubah berbanding terbalik dengan perubahan volume kegiatan (Juanda dan Cahyono, 2005).

2.2.1.2. Biaya Variable
Biaya variabel mengasumsikan hubungan linear antara biaya aktifitas tersebut. Biaya variabel yaitu biaya yang jumlah totalnya berubah secara sebanding dengan perubahan volume kegiatan, semakin besar volume kegiatan semakin besar pula jumlah total biaya variabel (Case dan Fair, 2007). Biaya variabel memilikikarakteristik sebagai berikut:
2.2.2. Penerimaan
Penerimaan adalah harga dikali kuantitas output yang diputuskan kan diproduksi dijual oleh suatu perusahaan (Case dan Fair, 2007). Macam-macam penerimaan yaitu diantaranya adalah total penerimaan, penerimaan rata-rata dan penerimaan marginal (Mulyadi, 2011).
2.2.3. Pendapatan
Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya, kebanyakan dari penjualan produk dan/atau jasa. Bagi investor, pendapatan kurang penting dibanding keuntungan, merupakan jumlah uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran (Juanda dan Cahyono, 2005). Pertumbuhan pendapatan merupakan indikator penting dari penerimaan pasar dari produk dan jasa perusahaan tersebut. Pertumbuhan pendapatan yang konsisten, dan juga pertumbuhan keuntungan, dianggap penting bagi perusahaan yang dijual ke publik melalui saham untuk menarik investor(Wikipedia.com).

2.2.4. Neraca Keuangan
Neraca merupakan ringkasan laporan keuangan, artinya laporan keuangan disusun secara garis besarnya saja dan tidak mendetail. Neraca juga menunjukkan posisi keuangan berupa aktiva / harta, kewajiban / modal, modal perusahaan / ekuitas pada saat tertentu (Kasmir, 2008). Neraca keuangan  bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada periode waktu tertentu, pada umumnya pada akhir tahun anggaran (Rangkuti, 1998).

2.2.5. Laporan Laba-Rugi
Laporan laba rugi merupakan laporan yang menunjukkan jumlah pendapatan atau penghasilan yang diperoleh dan biaya-biaya yang dikeluarkan dan laba rugi dalam suatu periode tertentu (Kasmir, 2008).
Unsur-unsur laporan laba rugi biasanya terdiri dari:
§  Pendapatan dari penjualan
§  Dikurangi Beban pokok penjualan
§  Laba/rugi kotor
§  Dikurangi Beban usaha
§  Laba/rugi usaha
§  Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain
§  Laba/rugi sebelum pajak
§  Dikurangi Beban pajak
§  Laba/rugi bersih (Case dan Fair, 2007).
2.2.6. Analisis Rasio Keuangan
Analisis Rasio Keuangan merupakan kegiatan membandingkan angka-angkayang ada dalam laporan keuangan dengan cara membagi satu angka dengan angka lainnya. Perbandingan dapat dilakukan antara satu komponen dengan komponen laindalam satu laporan keuangan atau antar komponen yang ada diantara laporan keuangan. Kemudian angka yang diperbandingkan dapat berupa angka-angka dalam satu periode maupun beberapa periode (Kasmir, 2008). Analisis rasio keuangan menggunakan data laporan keuangan yang telah ada sebagai dasar penilaiannya. Meskipun didasarkan pada data dan kondisi masa lalu, analisis rasio keuangan dimaksudkan untuk menilai risiko dan peluang di masa yang akan datang. Pengukuran dan hubungan satu pos dengan pos lain dalam laporan keuangan yang tampak dalam rasio-rasio keuangan dapat memberikan kesimpulan yang berarti dalam penentuan tingkat kesehatan keuangan suatu perusahaan. Tetapi bila hanya memperhatikan satu alat rasio saja tidaklah cukup, sehingga harus dilakukan pula analisis persaingan-persaingan yang sedang dihadapi oleh manajemen perusahaan dalam industri yang lebih luas, dan dikombinasikan dengan analisis kualitatif atas bisnis dan industri manufaktur, analisis kualitatif, serta penelitian-penelitian industri.(Case dan Fair, 2007).




BAB III
METODOLOGI


3.1. Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
            Lokasi Pelaksanaan Praktikum Ilmu Ekonomi dan Industri Peternakan adalah di Narmada. Praktikum ini dilaksanakan pada 24 Oktober 2016.

3.2. Metode Praktikum
            Metode Praktikum Ilmu Ekonomi dan Industri Peternakan adalah dengan cara pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara.
            
3.3. Metode Analisis Data
Metode analisis data yaitu secara deskriptif dengan menggambarkan keadaan yang ada dilapangan lalu membandingkan dengan pustaka. Data yang diperoleh dikelompokkan pada jenis dan kategorinya kemudian dibahas dengan membandingkan dengan pustaka yang ada. Data primer dan sekunder yang telah terkumpul kemudian direkap dan diolah untuk mengetahui jumlah pendapatan, hutang dan modal serta penerimaan.





BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Praktikum
Tabel 1. Hasil Wawancara
No
Variabel Yang Diwawancara
1.
Awal berdirinya perusahaan.
Awal berdirinya perusahaan ayam petelur ini adalah pada tahun 2015, dan perusahaan ini sudah berjalan kurang lebih satu setengah tahun.
2.
Latar belakang terbentuknya perusahaan ini.
Latar belakang terbentuknya perusahan ayam petelur ini yaitu dengan adanya kerja sama dengan UD. Bagus Narmada, bersama bapak Wayan yang memberikan 9 ekor ayam petelur kepada bapak Agus secara gratis untuk dikembangkan. Tetapi bapak Agus malah memotong 6 ekor dan dipelihara 2 ekor. Setelah dijelaskan dan dinasehati oleh pak Wayan akhirnya pak Agus berusaha beternak ayam petelur dan akhirnya pak Agus berhasil dan mampu memelihara ayam dalam setahun ini mencapai 200 ekor ayam petelur
3.
Modal awal yang digunakan.
Total modal awal yang digunakan selama produksi yaitu Rp 58.739.000, yang terdiri dari Rp 15.000.000 untuk membeli bibit sebanyak 200 ekor, biaya untuk kandang batrai Rp 1.960.000, biaya pakan yang digunakan terdiri dari jagung Rp 4.400 / kg, dedak Rp 2.500 / kg dan konsentrat Rp 7.600 / kg, dengan total biaya pakan  Rp 41.760.000 / tahun. Sedangkan untuk biaya vaksin dan obat-obatan yaitu sebesar Rp 19.000.
4.
Cara memperoleh modal awal.
Cara memperoleh modal awal yaitu diberikan peminjaman dari Bank BRI.
5.
Sumber modal.
Sumber modal berasal dari Bank BRI dan UD. Bagus Narmada.
6
Lama usaha ini dijalankan
Awal berdinyanya usaha ini yaitu 20 Agustus 2015, maka lama usaha industri ayam petelur ini yaitu 1 tahun 2 bulan.
7.
Perkembangan perusahaan.
Perusahaan ini masih bersekala kecil, karena jumlah ayam petelur yang dipelihara di dalam kandang masih sedikit yaitu 200 ekor.
8.
Jenis usaha yang dijalankan.
Usaha pokok dan jenis usaha yang dijalanka adalah memelihara ayam petelur.
9.
Proses produksi
a.       Produksi yang dihasilkan perhari.



Telur yang dihasilkan perhari 160 butir atau sebanyak 5 tray / hari. Harga satu tray telur Rp 36.000 dengan harga perbutir telur Rp 1.200.
b.      Strategi pemasaran.
Pemasaran dilakukan dengan cara promosi, iklan dan dari mulut kemut.
c.       Hasil yang diperoleh perhari.
Pendapantan yang diperoleh perhari yaitu Rp 180.000
10.
Keuntungan dari usaha tersebut.
a.       Besar biaya.

Biaya pakan Rp 41.760.000 / tahun, pembelian vaksin Rp 19.000, biaya kandang batrei Rp 1.960.000 dan pembelian bibit Rp 15.000.000 / 200 ekor
b.      Pendapatan.
Hasil penjualan telur perhari Rp 180.000. Jadi 180.000 x 360 hari dalam setahun Rp = 64.800.000.
Besarnya keuntungan yang diperoleh pertahun yaitu :
Pendapatan – Modal (biaya)
Rp = 64.800.000 – 58.739.000
Rp = 6.061.000.


4.2. Pembahasan
Latar  belakang terbentuknya perusahaan ayam petelur ini, yaitu dengan adanya kerja sama dengan UD. Bagus Narmada dengan bapak Wayan yang memberikan 9 ekor ayam petelur kepada bapak Agus secara gratis untuk dikembangkan. Tetapi pak Agus malah memotong 6 ekor dan dipelihara 2 ekor. Setelah diamati dan dinasehati oleh pak Wayan, pak Agus berusaha beternak ayaml petelur dan akhirnya pak Agus berhasi memelihara ayam dalam setahun ini mencapai 200 ekor ayam petelur.
Perusahaan ayam petelur ini berdiri pada 20 Agustus 2015 dan sudah berjalan selama kurang lebih 1,5 tahun. Perusahaan ayam petelur ini msih dalam sekala kecil karena jumlah ayam petelur yang dipelihara masih sedikit. Adapun modal awal yang digunakan yaitu Rp 58.739.000 diperoleh dari peminjaman ke Bank BRI dan UD. Bagus Narmada. Perusahaan ayam petelur ini mampu menghasilkan 160 butir telur per hari.
4.2. Biaya
    Biaya adalah pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memeperoleh barang dan jasa. Biaya berbeda dengan beban, beban yaitu pengrbanan yang diperlukan atau dikeluarkan untuk merealisasi hasil, beban ini dikaitkan dengan revenue pada periode yang berjalan (Case dan Fair, 2007). Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan pak Agus adalah:
·         Biaya pakan Rp = 41.760.000 per tahun
·         Biaya kandang Rp = 1.960.00
·         Biaya pembelian pullet Rp = 15.000.000
·         Total biaya Rp = 58.739.000
4.3. Pendapatan
Besarnya keuntungan yang didapatkan pertahun adalah:
·         Hasil penjualan telur per hari Rp = 180.000
·         Harga telur per tray Rp = 36.000
·         Harga per butir Rp = 1.200
·         Hasil penjualan per tahun Rp = 180.000 x 360
Rp  = 64.800.000
·                Keuntungan = pendapatan – modal
Keuntungan = 64.800.000 – 58.739.000
Rp = 6.061.000


  

BAB V
PENUTUP


5.1. Kesimpulan
Perusahaan pak Agus merupakan perusahaan peternakan yang bergerak dibidang ayam petelur.  Dengan modal awal yang diperoleh dari peminjaman dari Bank BRI dan UD. Bagus Narmada sebesar Rp = 58.739.000. Perusahaan ini mampu memproduksi telur sebanyan 180 butir perhari dan memperoleh keuntungan Rp = 6.061.000 per tahun.


5.2. Saran
Praktikum lebih baik lagi, masih banyak yang perlu di perbaiki. Terakhir, jangan pernah menyerah untuk mencari ilmu.

  


DAFTAR PUSTAKA


Aziz, D. 2007. Mengenal Ayam Petelur. CV. Sinar Cemerlang Abadi, Jakarta
Abidin, Z. 2003. Meningkatkan Produktifitas Ayam Ras Petelur. Agromedia, Jakarta
Akoso, B.T. 1998. Kesehatan Unggas: Panduan bagi Petugas Teknis. Penyuluh dan Peternak. Kanisius, Yogyakarta
Irawan, A. 1995. Menanggulangi Berbagai Penyakit Ayam. CV. Aneka, Solo
Rasyaf, M. 2003. Beternak Ayam Petelur. Penebar Swadaya, Jakarta.
Juanda, D. dan Cahyono, B. 2005. Wijen, Teknik Budidaya dan Analisis Usaha Tani. Kansius, Yogyakarta
Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers, Jakarta
Mulyadi, Y. 2011. Wartawarga.gunadarma.ac.id. (Diakses pada tanggal 27, Noveber  2016)

22 comments:

  1. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk dilakukan oleh Ibu Alicia Radu dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang Ibu dan bagaimana benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa benar dan saya menghubungi Ibu Bunda Alicia Radu dan mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman Saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya peringatan di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya bersumpah bahwa setiap perusahaan yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya ROBBI via emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. BONUS 10% EVERY DAY

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan kepada permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di perwakilan judi online yang berkedudukan International, benar dan terpercaya hanya di zeusbola.biz.

    Juga Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man terhadap beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    ReplyDelete
  3. ===> BONUS NEW MEMBER <===

    DONACOPOKER adalah situs judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    pokerdonaco

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  4. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah web judi poker online Indonesia resmi dan terlengkap dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah serta memberikan hadiah jackpot setiap harinya & bisa bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di judi kartu online

    http://www.indokartu.info/2019/01/05/trik-bermain-poker-online-gratis/
    http://www.indokartu.info/2019/01/02/link-poker-online-uang-asli-2019/
    http://www.indokartu.info/2018/12/29/cara-menjadi-bandar-ceme-online-uang-asli/

    Ayo daftar sekarang di indokartu.net

    ReplyDelete
  5. Cara Mengatur Nafas Supaya Bisa Lebih Panjang dan Lama Pada Ayam Tarung Berminat bisa Hubungi +62-8122-222-995

    ReplyDelete
  6. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk dilakukan oleh Ibu Alicia Radu dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang Ibu dan bagaimana benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa benar dan saya menghubungi Ibu Bunda Alicia Radu dan mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman Saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya peringatan di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya bersumpah bahwa setiap perusahaan yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya ROBBI via emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  8. BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

    CemePoker merupakan perwakilan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan beragam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg perutusan judi poker dgn rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan sejumlah membernya tambah pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    janganlah lalai nantikan pahala merenggut tiap-tiap bulannya dan upah referal seangkatan pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo join sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete
  9. BONUS 10% SETIAP HARI

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan bagi awal akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di delegasi judi online yg berpangkat International, benar dan terpercaya hanya di zeus bola.

    Juga Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan sport di dunia.
    main judi online deposit pulsa

    Daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

    ReplyDelete
  10. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    ReplyDelete
  11. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
    Telephone..Number:[+60]1123759663
    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia
    [[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  12. Mudahnya Deposit di Donaco Poker..
    Kini Hadir Deposit Via Pulsa!!!! Rate Terbaik Kami Berikan Untuk Anda...
    Nikmati Juga Mudahnya Deposit Via OVOpay...Langsung Di Proses!!

    Mainkan Permainan Dengan Kemenangan Tinggi menggunakan 1 user ID di Donaco Poker...
    * POKER
    * DOMINO
    * BANDAR CEME
    * CAPSA SUSUN
    * CEME KELILING
    * SUPER TEN
    * OMAHA

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  13. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  14. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    https://zeus365.net

    promo s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova88 livechat, main langsung maxbet nova88.

    ReplyDelete
  15. MuseumAyam Agen Cockfight Terbaik & Terpercaya Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya. Minimal pemasangan setiap pertandingan hanya 10 Ribu saja dan minimal deposit hanya 25rb.

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Togel Online
    Museumbola Slot IDN
    Sabung Ayam s128
    Museum Ayam
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Daftar S128
    Bandar S128 Resmi
    Situs Sabong Ayam Terpercaya

    ReplyDelete
  16. Bonus Cashback 10% untuk permainan joker setiap minggu
    mau?
    Yukz join bersama kami di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  17. BANDAR SLOT ONLINE TERBAIK 2021

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DAPATKAN BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE.
    AYO CLAIM SEBELUM KEHABISAN
    Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  18. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Judi Kartu Poker Online Deposit Pulsa Terpercaya

    Situs Judi Kartu Deposit Pulsa Potongan Terbaik

    ReplyDelete
  19. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  20. Result Togel Hari ini

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi.

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete
  21. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA
    Buruan Main dan Tingkatkan Level Anda
    BRONZE = 25RB
    SILVER = 400RB
    GOLD = 2JT
    DAN SETERUSNYA
    BURUAN DAFTAR....
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  22. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete